Serah terima Jabatan Kepala UPT Kepada Korwil Bidang Pendidikan

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”3.22″][et_pb_row _builder_version=”3.25″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”3.25″ custom_padding=”|||” custom_padding__hover=”|||”][et_pb_text _builder_version=”3.26.5″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”]

Gunung Mas – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar, pisah sambut dan serah terima jabatan Kepala UPT Disdikbudcam Kurun, kepada Korwil Kecamatan Kurun Bidang Pendidikan kegitan ini dilaksanakan di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Selasa (19/2/2019) pagi.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Gunung Mas Drs. Muhamad Rusdi, Ketua Tim Penggerak PKK Apristini Arton S. Dohong,  Camat Kurun Holten, SE, Kapolsek Kurun IPDA Noviandhi.W.S.Sos, Danramil Kurun, mantan Kepala UPT Disdikbudcam Selo Solo Benediktus, SF, Korwil Kecamatan Kurun Bidang Pendidikan Triozen, S.Pd, Kepala Sekolah dan Guru-guru di wilayah Kecamatan Kurun.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas Drs. Muhamad Rusdi mengatakan, dalam tugas Korwil Kecamatan Kurun Bidang Pendidikan yang baru ini adalah yang dibutuhkan adalah koordinasi, seberat apapun pekerjaan kalau dilakukan bersama-sama maka pekerjaan itu akan menjadi ringan.

Dia berharap kepada kepala sekolah, guru-guru dan korwil mari kita bersam-sama menegakan disiplin dalam menjalankan tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), jangan sampai membuat persoalan-persoalan yang baru.

Mari kita wujudkan Pendidikan di Gunung Mas bersama-sama, karena saran dan prasarana yang ada sangat lah terbatas, kalau dalam perkotaan prasarana kiata masih dianggap baik, kalau didaerah sangat terbatas, tapi kita jangan berkecil hati, tugas kita adalah mengajar, tugas yang telah dibebankan kepada kita.

“Saya mengucapkan banyak terimaksih kepada mantan kepala UPT yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik, dan upaya nyata yang diberikan kepada Dinas Pendidikan, karena beliu juga banyak memberikan masukan saran yang baik kepada Dinas Pendidikan, dan kepada Korwil yang baru  mari kita jalin kerja sama dengan baik, kalau Korwil sudah berjalan Dinas Pendidikan akan terbantu,” ujarnya.

Mantan Kepala UPT Disdikbudcam Selo Solo Benediktus, SF, dalam sambutannya mengatakan, perubahan selalu terjadi setiap lini kehidupan kita, kita dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan, UPTD telah dibubarkan dengan Perbub no 1 tahun 2019 otomatis pejabat yang ada itu untuk sementara dinonatifkan, sesuai dengan amanat Perbub dan Permendagri nomor 12 tahun 2017.

“Saya secara pribadi baik sebagai pejabat, kepala UPTD menghaturkan banyak terimaksih kepada semua lini dan pejabat Pendidikan, pertama kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang selama ini, selalu membimbing kami dan saya akui bahwa pigur Bapak Rusdi ini adalah pigur yang sangat kebapaan, itulah yang mendorong kami dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Kepada seluruh guru-guru dia menyampaikan meraka adalah ujung tombak yang selalu berhadapan kepada anak didik, saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Selama kami menjabat sebagai kepala UPTD selama kurang lebih dua tahun satu bulan Sembilan belas hari, hal-hal yang kami sudah laksanakan kami sudah mengunjungi SD seKecamatn Kurun, kalau TK hanya beberapa saja yang kami kunjungi dan itu saya percayakan kepada pengawas.

“Kiranya dunia Pendidikan kita semangkin membaik, Korwil Kecamatan Kurun Bidang Pendidikan yang baru mari kita dukung bersama-sama,” tandasnya.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

SMPN 1 Tewah, Mengikuti Ekspose Sekolah Model Tingkat Provinsi Kalteng

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”3.22″][et_pb_row _builder_version=”3.25″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”3.25″ custom_padding=”|||” custom_padding__hover=”|||”][et_pb_text _builder_version=”3.26.5″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”]

Gunung Mas – Ekspose sekolah model Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) untuk tingkatkan mutu dan kualitas sekolah Salah satunya SMPN 1 Tewah Kabupaten Gunung Mas Kalteng, yang dipimpin Firawati, S.Pd.M.Si ikut serta meramaikan kegiatan Ekspose Tingkat Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Kalteng, mulai tanggal 27-28/07/2019.

“Kegiatan Ekspose Sekolah Model SPMI salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas sekolah, kami akan menampilkan apa yang sudah di programkan disekolah dan mendapat penilaian baik oleh LPMP Kalteng,” kata Firawati pada saat media News Bin .com Kalteng mewawancarai di Stand Pameran SMPN 1 Tewah.

Sekolah model SPMI ini juga merupakan salah satu upaya mempercepat mencapai delapan standar pendidikan. “Delapan standar pendidikan harus terpenuhi agar mencapai peningkatan Mutu Pendidikan ,” ujar Fira.

Menurutnya, untuk meningkatkan taraf Pendidikan tidak mudah, karena memerlukan kekompakan tim pengajar di suatu sekolah. SMPN 1 Tewah, mudahan kami mampu mencapai tingkat Nasional.

Ia menambahkan, “upaya peningkatan Mutu Pendidikan bagi Sekolah Model SPMI ini perlu dukungan dari semua pihak Pemerintah terutama Dinas pendidikan Provinsi dan juga bantuan dari Lembaga Penguji Mutu Pendidikan Kalteng.” Tutup nya.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Pentingnya Pendidikan Guna Meningkatkan SDM

[et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”section” _builder_version=”3.22″][et_pb_row admin_label=”row” _builder_version=”3.25″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”3.25″ custom_padding=”|||” custom_padding__hover=”|||”][et_pb_text admin_label=”Text” _builder_version=”3.26.5″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat”]

Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) beserta jajarannya berkesempatan untuk silahturahmi dengan masyarakat khususnya Umat Hindu Kaharingan dalam agenda kegiatan Pemerintah yaitu Safari Haring Kaharingan yang berlangsung di Balai Ibadah Hindu Kaharingan “Penyang Hinje Simpei” Kecamatan Tewah, Selasa (22/05/2019).

Kegiatan rutin tahunan yang senantiasa digelar tersebut   bertujuan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, kesejahteraan dan keadilan yang merata bagi umat beragama dalam bingkai NKRI, secara khusus di Kabupaten Gumas.

Acara secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Gumas Agung, SE, yang dalam sambutannya mengajak semua Umat Hindu Kaharingan yang ada di kabupaten Gumas pada umumnya, “agar dapat merayakan Hari Raya Haring Kaharingan di setiap keluarga, majelis Kelompok, Majelis Resort, Majelis Daerah sampai ke tingkat Majelis Besar agar menjadikan Hari Raya ini sebagai bagian dari tata cara keagamaan Kaharingan yang harus di peringati setiap tahun pada bulan Mei, seperti layaknya Hari Besar keagamaan lainnya”, kata Agung.

Selain merayakan Hari Raya Haring Kaharingan bersama masyarakat, Pemkab Gumas juga melakukan Tali Asih yaitu dengan memberikan Bantuan Dana untuk pembangunan Rumah Ibadah sebesar Rp. 87.000.000 diserahkan secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Agung, SE yang diterima oleh masing-masing pengurus Agama Hindu Kaharingan Kelurahan Tewah senilai Rp. 50.000.000 dan  Desa Taja Urap senilai Rp. 37.000.000.

Camat Tewah Hengki Panto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Gumas, “khususnya kepada Bapak Bupati Gumas yang sudah memberikan bantuan kepada rumah-rumah ibadah, sehingga warga kami dapat memiliki rumah-rumah ibadah untuk tempat beribadah,”ucapnya.

Terlepas dari kegiatan itu Agung, SE juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gumas untuk mempersiapkan diri terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara oleh Pemerintah Pusat yang sebagian besar wilayahnya ada di Kabupaten Gumas, “agar mempertahankan Sumber Daya Alam  dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia kita melalui pendidikan agar dapat bersaing dari daerah luar nantinya, “maka dari itu pendidikan sekolah sangat penting bagi kita,” pungkasnya.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kapolsek Tewah, Danramil Tewah, Ketua Majelis Hindu Kaharingan Kabupaten Gumas, Staf Ahli Setda Gumas, beberapa Kepala OPD serta Pengurus Hindu Kaharingan Kecamatan Tewah.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]